Tujuan yang dimaksud disini, tentunya tujuan yang sesuai dengan harapan atau keinginan dari pihak pelaku komunikasi.
Bernard
menyatakan bahwa komunikasi yang efektif merupakan suatu fungsi kemauan untuk
bekerjasama. Ia menyebutkan empat syarat yang harus difahami sebelum seseorang
menerima suatu pesan, yaitu :
1.
Harus memahami pesan yang dimaksud.
2.
Percaya pada saat ia memutuskan untuk
bekerjasama, bahwa pesan yang dimaksud sesuai dengan minatnya.
3.
Memiliki kemauan fisik dan mental untuk
melaksanakan pesan.
Dalam hubungannya dengan efektifitas
komunikasi dalam penyuluhan, ada tiga
hal yang dapat dijadikan sebagai acauan, diantaranya :
1.
Harus diupayakan adanya kepentingan yang sama Overlaping interest antara kebutuhan
yang dirasakan komunikator dan sasarannya .
2.
Pesan yang disampaikan harus merupakan solusi
atas masalah yang dihadapai oleh sasaran suluh.
3. Pesan
yang disampaikan harus mengacu pada kepuasan dan perbaikan mutu hidup kedua
belah fihak.
Disamping itu ada suasana yang harus
mampu diciptakan oleh para penyuluh pada saat melakukan komunikasi, diantaranya
:
1.
Berkurangnya ego
defensif, yaitu sifat mempertahankan keakuan atau merasa diri sebagai
paling hebat.
2.
Berkurangnya value
expresif, yaitu sifat mempertahankan nilai-nilai yang dianutnya secara
kaku.
3. berkembangnya
sikap utilitarian, yaitu mencari kebersamaan dan
tumbuh kembangnya keinginan menambah pengetahuan knowledge.