Kamis, 03 Juli 2014

PRINSIP DASAR KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DALAM PENYULUHAN (Oleh : Adhari, SST)


 
Komunikasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar, disengaja serta memiliki tujuan.
Tujuan yang dimaksud disini, tentunya tujuan yang sesuai dengan harapan atau keinginan dari pihak pelaku komunikasi.
Bernard menyatakan bahwa komunikasi yang efektif merupakan suatu fungsi kemauan untuk bekerjasama. Ia menyebutkan empat syarat yang harus difahami sebelum seseorang menerima suatu pesan, yaitu :
1.    Harus memahami pesan yang dimaksud.
2.    Percaya pada saat ia memutuskan untuk bekerjasama, bahwa pesan yang dimaksud sesuai dengan minatnya.
3.    Memiliki kemauan fisik dan mental untuk melaksanakan pesan.
Dalam hubungannya dengan efektifitas komunikasi dalam penyuluhan, ada  tiga hal yang dapat dijadikan sebagai acauan, diantaranya :
1.    Harus diupayakan adanya kepentingan yang sama Overlaping interest antara kebutuhan yang dirasakan komunikator dan sasarannya .
2.    Pesan yang disampaikan harus merupakan solusi atas masalah yang dihadapai oleh sasaran suluh.
3.    Pesan yang disampaikan harus mengacu pada kepuasan dan perbaikan mutu hidup kedua belah fihak.
Disamping itu ada suasana yang harus mampu diciptakan oleh para penyuluh pada saat melakukan komunikasi, diantaranya :
1.    Berkurangnya ego defensif, yaitu sifat mempertahankan keakuan atau merasa diri sebagai paling hebat.
2.    Berkurangnya value expresif, yaitu sifat mempertahankan nilai-nilai yang dianutnya secara kaku.
3.    berkembangnya sikap  utilitarian, yaitu mencari kebersamaan dan tumbuh kembangnya keinginan menambah pengetahuan knowledge.