Kamis, 20 Februari 2014

KEBUN KOLEKSI CIARJA KABUPATEN KUNINGAN
DILIHAT DARI PERSPEKTIF KELEMBAGAAN, LINGKUNGAN DAN SOSIAL
Oleh : Adhari, SST


Melihat peran penyuluh kehutanan yang sangat strategis dalam mendukung program tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Kuningan memberikan kepercayaan kepada Penyuluh Kehutanan yang berada dalam naungan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Kuningan untuk mengelola lahan seluas 0,9 ha yang terletak di Blok Tegal Patok Kelurahan Ciporang Kabupaten Kuningan utuk dijadikan sebagai area Kebun Koleksi dan Pembibitan.

kegiatan fisik lapangan dimulai dari pengukuran dan pemetaan area, pemasangan ajir, pembuatan lubang tanam, penyediaan pupuk, pengadaan aneka jenis tumbuhan, penanaman, dan pelebelan. Kegiatan-kegiatan tersebut dimulai sejak bulan Desember tahun 2010 dan sampai saat ini sudah dikoleksi sejumlah 110 tumbuhan koleksi.

Dengan dibangunnya kebun koleksi ini diharapkan dapat dijadikan  sebagai wahana peningkatan kapasitas penyuluh kehutanan serta menjadikan lahan tersebut lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara lebih luas. Tidak hanya itu Pemda Kabupaten Kuningan juga memberikan bantuan pendanaan melalui APBD Tahun Anggaran 2011 untuk menyediakan fasilitas kebun koleksi diantaranya untuk pengadaan bibit, dan pembangunan ruang pertemuan,

Manfaat
Manfaat bagi lembaga
Manfaat Kebun Koleksi bagi Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan     adalah sebagai area peningkatan kapasitas bagi penyuluh kehutanan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan melalui berbagai kegiatan demplot.

Manfaat bagi lingkungan
Dengan semakin meningkatnya emisi udara akibat penggunaan bahan bakar posil menyebabkan terjadinya peningkatan suhu udara. Hal tersebut diperparah dengan terjadinya degradasi hutan akibat penebangan pohon yang tidak diimbangi dengan penanaman. Tidak dapat dipungkiri, bahwa salah satu fungsi pohon adalah menyerap CO2 dan menghasilkan O2. Karbondioksida bersifat racun bagi manusia sebaliknya O2 sangat dibutuhkan bagi kehidupan untuk pernapasan.

Manfaat sosial
Kebun koleksi ciarja selain sebagai area pembelajaran, juga dapat berfungsi ganda sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat sekitar. Untuk mendukung fungsi tersebut kebun koleksi dilengkapi dengan fasititas jalan trek dan  tempat peristirahatan.